Gubernur BI Harus Kembangkan Perbankan Syariah

Sumber: KLIKOMPAS (www.klikompas.co.nr)

Setelah dua hari dilakukan uji kepatutan dan kelayakan Komisi XI DPR-RI akhirnya memutuskan Darmin Nasution sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI) periode 2010-2015. Dalam penetapan Darmin sebagai Gubernur BI, Komisi XI mempunyai semacam ‘kontrak politik’ yang wajib dilakukan Darmin selama dirinya menjabat sebagai BI-1. “Setelah melalui proses fit and proper test, Komisi XI DPR-RI secara musyawarah mufakat menyetujui saudara Darmin Nasution sebagai Gubernur Bank Indonesia periode 2010-2015 yang harus berkomitmen memenuhi hal-hal yang disahkan di Komisi XI untuk dibacakan di Rapat Paripurna,” ujar Wakil Ketua Komisi XI dari F-PKS yang memimpin sidang Surahman Hidayat di Gedung DPR-RI, Senayan, Jakarta, Kamis malam (22/07/2010). Dalam pandangan umumnya, Fraksi PKS meminta kepada Gubernur BI untuk mengembangkan perbankan syariah secara adil dan proporsional.

Berikut ‘kontrak politik’ yang wajib dijalani Darmin sebagai Gubernur Bank Indonesia:

Berdasarkan kesimpulan dan rekomendasi Pansus Angket bank century yang menyebutkan adanya dugaan keterlibatan Sdr Damin Nasution, sehubungan posisinya sebagai salah satu anggota Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sekaligus merangkap anggota KSSK, dalam proses Bailout Bank Century dan kasus hukum lainnya selama menjabat di lembaga pemerintahaan lainnya, manakala pada suatu saat dinyatakan secara formal oleh instrumen hukum di Indonesia (KPK, kejaksaan atau lembaga hukum lainnya) sebagai terdakwa, maka yang bersangkutan harus bersedia mengundurkan diri dari jabatan Gubernur BI, pada saat itu juga, tanpa harus menunggu ketetapan hukum yang tetap.

Sebagai Gubernur Bank Sentral RI selalu berkomitmen membuat kebijakan moneter yang integratif dan bukan absolut, melainkan kebijakan moneter yang selalu paralel dan sinergi dengan kebijakan yang dapat menjadi insentif terhadap sektor riil terutama pemberdayaan UMKM. Kebijakan tersebut antara lain memberikan kemudahan akses pembiayaan, mendorong pemberlakuan tingkat suku bunga pinjaman (lending rate) yang rendah dan selisih bunga bank (spread bank) yang kecil dan dengan tetap memperhatikan prudential principal.

Berkomitmen untuk membuat kebijakan yang dapat meningkatkan efisiensi industri perbankan di Indonesia, dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berkualitas dan mempunyai multiplier effect positif terhadap pengurangan angka kemiskinan (poverty), penurunan angka pengangguran (unemployment) dan mampu menciptakan lapangan kerja baru (job creation).

Dalam rangka untuk meningkatkan mekanisme check and balance antara DPR RI dengan Bank Indonesia, berkomitmen untuk secara bersama-sama mendorong dan memberdayakan Badan Supervisi Bank Indonesia (BSBI) dalam menjalankan fungsi dan tugas mengevaluasi kinerja Bank Indonesia, yang disampaikan kepada Komisi XI. Selama ini peran dan fungsi BSBI masih belum optimal, dan keberadannya kurang disambut secara positif di kalangan internal Bank Indonesia.

Guna memperkokoh independensi Bank Indonesia sebagai instrumen moneter yang kredibel, transapran dan akuntabel maka Gub BI harus bersedia dan berkomitmen untuk melakukan reformasi birokrasi di kalangan internal BI, mengingat maraknya berbagai kasus yang lebih banyak disebabkan tidak berjalannya good corporate governance di lingkungan BI.

Perbankan syariah dan BPR serta BPR syariah harus dikembangkan secara adil dan proporsional.

Memperjuangkan perbankan nasional menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan tidak ada kendali asing, serta memperjuangkan asas resiprokal dengan perbankan negara lain.

Bahwa janji Gubernur BI terpilih untuk merubah paradigma kerja BI agar pro sektor riil harus terbukti demi upaya BI untuk menciptakan kedaulatan keuangan dan perbankan nasional.

Apabila semua penjelasan dan klarifikasi selama proses fit and proper test terhadap kasus-kasus yang ditanyakan oleh para Anggota Komisi XI DPR RI terbukti tidak benar, maka Sdr. Darmin Nasution bersedia mengundurkan diri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s